MANAJEMEN ORGANISASI

MANAJEMEN ORGANISASI

Sebuah Pengantar Aplikatif *

Oleh : Feri Kuswanto

Definisi (pengertian singkat)

Organisasi berasal dari kata Organon dalam bahasa Yunani yang berarti alat. Atau Organization dalam bahasa Inggris yang berarti Perkumpulan. Pengertian organisasi telah banyak disampaikan para ahli, tetapi pada dasarnya tidak ada perbedaan yang prinsip, sehingga dapat disimpulkan bahwa organisasi merupakan sarana untuk melakukan kerjasama antara orang-orang dalam rangka mencapai tujuan bersama, dengan mendayagunakan sumber daya yang dimiliki.

Pada prinsipnya setiap organisasi harus memiliki tiga unsur dasar, yaitu :

a. Beberapa orang

b. Kerjasama

c. Tujuan / Cita-cita yang ingin dicapai,


Sedangkan Pengertian Manajemen dari beberapa literature sebagai berikut :

a. Menurut Goerge R. Terry dan Leslie W. Rue dikemukakan bahwa : Manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbingan atau pengarahan suatu kelompok orang ke arah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksud yang nyata.

b. Menurut James A F Stoner dalam bukunya Management, diungkapkan bahwa : Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya-sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan.

c. Menurut T. Hani Handoko menyimpulkan bahwa pada dasarnya Manajemen dapat didefinisikan sebagai bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), penyusunan personalia atau kepegawaian (staffing), pengarahan dan kepemimpinan (leading) dan pengawasan (controlling).


Dari beberapa pendapat diatas dapat disimpulkan bahwa Manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan pekerjaan anggota
organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang sudah ditetapkan.

Dengan demikian Manajemen Organisasi dapat diartikan sebagai suatu seni atau tekhnik untuk mengelola, merencanakan, mengorganisasikan, memimpin dan mengendalikan seluruh aktifitas SDM baik secara indifidu maupun kelompok dalam organisasi.

Aktivitas Manajemen Organisasi

Secara khusus Manajemen organisasi mempunyai dua tugas utama yaitu efektivitas dan efisiensi. Agar pencapaian target organisasi dapat maksimal maka aktifitas organisasi dapat dikelolah dengan pendekatan sebagai berikut :

1. Perencanaan (Planning)

Perencanaan adalah pemilihan sekumpulan kegiatan dan pemutusan selanjutnya apa yang harus dilakukan, kapan, bagaimana, dan oleh siapa. Gagal dalam merencanakan berarti fungsi manajemen organisasi tidak jalan (stagnan)

2. Pengorganisasian (Organizing)

Pengorganisasian merupakan suatu proses untuk merancang struktur formal, mengelompokkan dan mengatur serta membagi tugas-tugas atau pekerjaan di antara para anggota organisasi, agar tujuan organisasi dapat dicapai dengan efisien.

Sedangkan fokus pada tahap pengorganosasian setidak-tidaknya :

  • Apa saja tugas yang harus diselesaikan?
  • Apa saja target yang akan dicapai?
  • Siapa yang yang mengerjakannya?
  • Bagaimana tugas-tugas dikelompokkan?
  • Siapa melapor ke siapa?
  • Dimana keputusan harus dibuat?
  • Dll

3. Penlaksanaan (Actuating)

Pelaksanaan adalah realisasi dari segala sesuatu yang telah diputuskan dalam perencanaan yang pelaksanaannya menyesuaikan dengan pembagian tugas (jobdiscription) sesuai dengan bidang masing-masing. Terkecuali dalam keadaan tertentu yang menuntut merjer tugas

4. Pengawasan (Controlling)

Pengawasan adalah suatu usha bersama untuk menjamin bahwa tujuan-tujuan organisasi dapat tercapai secara maksimal sesuai dengan perencanaan.

Pengembangan Organisasi

Dalam menghadapi situasi dan kondisi psikologi anggota yang tidak menentu (fluktuatif) manajemen organisasi dituntut mampu selalu mengikuti proses perubahan yang berlangsung secara proporsional agar dapat berkembang menjadi lebih efektif dan efisien.

Pengembangan organisasi dapat diartikan sebagai aplikasi ilmu pengetahuan dalam usaha jangka panjang untuk meningkatkan kemampuan manajemen organisasi dalam mengghadapi lingkungan eksternal dan meningkatkan pemecahan problematika internal. Jadi tujuan akhir pengembangan organisasi adalah untuk mempertemukan tujuan organisasi, kelompok dalam organisasi dan individu melalui peningkatan efektifitas, adaptasi, intropeksi dan rekontruksi soliditas melalui kepekaan dan partisipasi aktif para anggota organisasi.

Karakteristik pengembangan manajemen organisasi adalah sebagai berikuit :

1. Direncanakan, artinya pengembangan manajemen organisai merupakan perubahan yang terencana bukan perubahan yang sifatnya alami.

2. Problem Oriented,  artinya perubahan manajemen organisasi dilakukan guna memecahkan permaslalah

3. Perubahan Sistematis, artinya perubahan salah satu komponen organisasi harus memperhatikan dan memperhitungkan konsekuensinya bagi komponen yang lain.

4. Berpijak pada peningkatan, artinya tujuan perubahan manajemen organisasi adalah untuk meningkatkan efektifitas, kepekaan dan selalu mendorong partisipasi anggota organisasi.

Konflik dalam Organisasi

Kata konflik sering kali mempunyai konotasi yang tidak baik (negatif) dalam kehidupan berorganisasi. Pada dasarnya konflik dalam organisasi adalah ketidak setujuan antara beberapa orang dalam organisasi yang timbul karena perbedaan pola pikir dan arah pandang (paradigma) tentang sesuatu hal, baik terjadi antar personal maupun antar kelompok.

Perlu disadari bahwa antara konflik dengan persaingan sangat berbeda. Dalam persaingan kedua bela pihak biasanya saling mendahului untuk mencapai satu tujuan yang sama. Tetapi dalam konflik organisasi perbedaan pola pikir dan arah pandang tentang sesuatu hal tidak untuk mencapai satu tujuan yang sama. Dalam keadaan demikian personal organisasi yang mengalami ketidak sama harus bisa menjalin komunikasi dengan menjelaskan duduk persoalannya secara terinci dan mendetail.

Secara umum konflik dalam organisasi dapat dirinci sebagai berikut :

· Konflik antar individu

· Konflik antara individu dengan kelompok

· Konflik antar kelompok dalam organisasi

· Konflik antar organisasi

Penulis adalah Anggota BPD Prasung dan

Anggota Majelis Pertimbangan Karang Taruna

Desa Prasung


About these ads

1 Komentar

Filed under Karya-karya tulis

One response to “MANAJEMEN ORGANISASI

  1. TERIMAKASIH TAS INFORMASI DAN TULISANNYA, CUKUP BERMANFAAT BUAT BACAAN. KUNJUNGI JUGA SEMUA TENTANG PAKPAK DAN UPDATE BERITA-BERITA DARI KABUPATEN PAKPAK BHARAT DI GETA_PAKPAK.COM http://boeangsaoet.wordpress.com

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s