SIAPKAH KAU MENGIKUTI UKIRAN SEJARAH 2009?????

>

SIAPKAH KAU MENGIKUTI UKIRAN SEJARAH 2009?????

* by fida Hamid

Pada akhir-akhir ini Negara Indonesia tercinta kita ini telah disemarakkan oleh serangkaian pertunjukan unik dan perdebatan diantaranya kasus Prita Mulyasari dengan tuntutan kasus E-Mailnya, kasus Ambalat di Kalimantan yang lagi diincar oleh Malaysia dan yang tak kalah HOT kasus Manohara Odelia Pinot dengan pangeran Negeri Kelantan Malaysia serta kampanye capres dan cawapres menjelang pemilu 8 Juli 2009, dll.

Bila kita refleksi dari beberapa kasus diatas yang paling penting bagi kita adlah bagaimana kita akan menentukan masa depan kita yang sekarang, sedangkan hembusan angin surga dari kampanye capres dan cawapres sedang semerbak.

Untuk itu agar kita sebagai warga Negara Indonesia yang menghargai demokratisasi dan menghargai perjuangan pahlawannya kita harus bisa menentukan sikap kita untuk menentukan siapa yang terbaik untuk menjadi leader of Indonesian 2009-20014. Jadi, golput sudah bukan zamannya lagi dan itu hanya merugikan kita sendiri toh,,,,, pada akhirnya kita juga dipimpin serta kita akan merasakan kebijakannya. Sebagai bahan pertimbangan agar kita tidak termakan oleh angin segarnya para capres-cawapres, ada beberapa poin yang harus dimilki oleh seorang pemimpin yang ideal yaitu:

  1. Kesederhanaan dan rendah hati (low profile)

Ini adlah kunci sebagaimana yang diajarkan oleh Muhammad SAW dan para sahabat, beliau-beliau ini tidak pernah berupaya untuk menarik perhatian dengan jalan membangga-banggakan bakat dan sifat-sifatnya atau dengan cara memamerkan kelebihan-kelebihannya tetapi semuanya beliau tunjukkan dengan cara yang natural dan istiqomah dalam kehidupan sehari-hari

  1. Memiliki kemampuan untuk mendengarkan dan menghargai orang lain

Dalam hubungan sosial dalam masyarakat, terutama dalam hal berkomunikasi, seseorang pemimpin akan selalu menghargai orang yang sedang berkomunikasi dengannya. Mereka akan mendengarkan dengan seksama apa yang dikatakan oleh lawan bicaranya kemudian menanggapinya dengan baik. Hal ini akan membuat orang lain merasa dihargai dan akan menimbulkan respon yang positif.

  1. Memiliki kepercayaan diri dan sikap tegas

Pada dasarnya setiap manusia tidak akan pernah lepas dari rasa malu dan bahkan rendah diri. Akan tetapi hal-hal tersebut akan menghalangi seseorang untuk mengembangkan dirinya bersosialisasi dimasyarakat nasional maupun internasional. Seorang pemimpin tidak akan memiliki rasa malu (kecuali malu untuk menggunakan kebijakan yang akan membodohi rakyatnya) dan selalu dapat mengatasi hal tersebut dengan baik. Kemudian yang muncul diluar dirinya adalah rasa percaya diri dan sikap tegas dalam menghadapi segala situasi dan kondisi apalagi kasus Negara-negara tetangga yang ingin menguasai kekayaan Indonesia. Sehingga setiap permasalahan akan dapat diselesaikan dengan baik.

  1. Memiliki kemampuan untuk bertindak cermat dan bijaksana

Ini berarti tidak menunda-nunda atau tidak menangguhkan sampai besok apa yang dapat dilakukan pada hari ini. Pemimpin yang ideal tidak memiliki sifat tak acuh atau malas. Karena kedua sifat ini sangat tidak disukai oleh rakyatnya serta akan menghambat pekerjaan dan keberhasilannya.

  1. Selalu menghargai janji dengan orang lain

Suatu janji selalu penting artinya, apakah itu janji ketika kampanye atau janji-janji yang lain. Jika seseorang selalu menghargai janjinya dengan orang lain, maka orang lain juga akan menghargai janji kepadanya dan dihargai orang lain.

  1. Selalu menghargai diri sendiri

Disamping menghargai dan dihargai oleh orang lain, seorang pemimpin akan selalu menghargai dirinya sendiri. Bukan berarti harus selalu berpenampilan mewah atau memiliki fisik yang menonjol, akan tetapi mereka pandai menempatkan segala sesuatu untuk dirinya. Kalaupun seseorang tersebut memiliki kekurangan fisik, ia akan mengambil sebanyak mungkin sisi baik dari keadaannya tersebut. Sehingga ia akan selalu memiliki penampilan dan sikap yang tepat dalam masyarakat.

Semoga secuil tulisan ini bisa dijadikan barometer dalam menentukan siapakah yang memang benar-benar pantas dijadikan orang nomor satu di Indonesia kita ini. So, pertanyaan siapkah kau mengikuti ukiran sejarah 2009? Jawabnya adalah siap.

* adalah penulis amatiran yang sedang berkontemplasi untuk menata pola pikirnya dan tulisan ini adalah pure dari ide pribadi. So, get your attention mail to vieda_oce@yahoo.com

Tinggalkan komentar

Filed under Karya-karya tulis

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s