Try this….


Jika jenengan cermat mengamati,  jenengan akan menjumpai menu baru di bagian bawah sidebar blog saya ini. Sebuah widget polling. Sudah lihat? Kalo belum silakan dilihat dulu… Dan jangan lupa pollingnya juga diisi.

Wong namanya orang belajar, tentu saya juga butuh nilai. Lah, biar bisa tau penilaian jenengan semua, saya memanfaatkan polling ini. Ndak usah takut, dijawab apa adanya aja. Saya lebih seneng jenengan jujur, apalagi kalo penilaian jenengan bagus, saya lebih seneng lagi… he.he. Dan satu lagi, di akhir acara ada hadiahnya juga loh. Bagi jenengan yang beruntung, saya menyediakan hadiah 1 buah gantungan kunci yang didalamnya ada kolojengking yang sudah diawetkan… Hadiah akan dibagikan nanti saat penutupan blog saya ini… he.he. Ditunggu yah…

Yup, sebuah widget polling yang akhirnya bisa saya pasang setelah melalui beberapa kali percobaan. Bagi jenengan yang ingin mencoba seperti punya saya itu, saya akan membagikan tipsnya secara cuma-cuma di sini. Itung-itng,dari pada ngendon di kepala saya dan akhirnya lupa, saya rasa akan bermanfaat jika saya bagikan. Khusus buat jenengan tamu terhormat di blog saya…
Lets, check it out…!


  1. Membuat Polling yang hendak ditampilkan.
    1. Buka akun wordpress jenengan, pilih menu POLLSàAdd New. (Gambar 1). Halaman CREATE POLL akan muncul (Gambar 2)

      (Gb. 1


      (Gb. 2)

    2. Tuliskan pertanyaan polling jenengan, kemudian isikan juga jawabannya di kolom berikutnya. Jika jenengan memperbolehkan jawaban lain, klik pada kolom ALLOW OTHER ANSWER.
    3. Langkah selanjutnya adalah memilih DESIGN Polling yang kita kehendak (Gb. 3). Ada banyak pilihan di sana, jenengan bisa memilih dengan meng-KLIK tombol navigasi di atasnya.
    4. Di sini, jika jenengan hendak menampilkan polling di sidebar blog, yang biasanya berukuran sempit, saya sarankan jenengan memilih design yang berukuran sempit/NARROW (Gb. 4). Untuk DESIGN ukuran normal DESIGN hanya muncul sebagian saja. Kecuali jenengan punya cara sendiri untuk mengubah ukuran design tersebut tentunya… (Kalo iya, Saya dikasih tau ya… )

      (Gb. 3)

      (Gb. 4)

    5. Setelah selesai, klik SAVE POLL di kolom PUBLISH di bagian kanan-atas sampai muncul pesan POLL CREATED. (Gb. 5)

      (Gb. 5)

  2. Menampilkan Polling di Sidebar blog.
    1. Di sini,untuk menampilkan Polling di sidebar kita akan menggunakan widget TEXT. Namun sebelum menuju ke pengaturan widget, kita terlebih dahulu harus mengetahui kode Polling yang ingin kita tampilkan.
    2. Caranya, pilih menu POLLSàEdit. Akan muncul daftar polling yang sebelumnya kita buat. (Gb.6)

      (Gb.6)

    3. Untuk menampilkan kode polling, klik pilihan HTML CODE di bawah judul polling yang jenengan kehendaki. Akan muncul seperti di bawah ini. (Gb.7)

      (Gb.7)

    4. Copy kode yang muncul di kolom SHORTCODE. Simpanlah kode ini baik-baik. Kode inilah yang nanti akan kita masukkan ke kolom WIDGET TEXT.
  3. Membuat WIDGET TEXT untuk Polling.
    1. Langkahnya sepert ketika jenengan membuat widget berupa Teks. Di menu APPEARANCEàWidgets. (Gb.8)

      (Gb.8)

    2. Kemudian geserlah (drag) widget TEXT ke kolom sebelah kanan, aturlah posisinya sesuai keinginan jenenngan.
    3. Isikan nama Widget Polling yang jenengan kehendaki, kemudian Copy-Paste kode Polling yang kita simpan tadi. (Gb.9)

      (Gb.9)

    4. Klik tombol SAVE.
  4. Coba bukalah halaman utama blog jenengan. Jika semua lancar, widget Polling akan muncul di sidebar atau posisi yang jenengan pilih. FINISH.

Disadur sepenuhnya dari: http://kolojengking.wordpress.com

Tinggalkan komentar

Filed under Pasang polling di worspress

Tinggalkan Balasan

